Minggu, 10 April 2011

Bahasa Arab, Yuk...


Dulu waktu saya masih duduk dibangku sekolah dasar ada salah satu buku yang saya lupa judul bukunya, ada sebuah tulisan menarik yang kurang lebih bunyinya seperti ini “ Sumber bahasa dari segala sumber adalah bahasa Arab”. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim seharusnya bisa berbahasa arab, mengingat dulu ilmuwan muslim menuliskan gagasannya dengan bahasa arab, mulai dari falsafah sampai teknologi.

Seorang muslim yang memiliki kesadaran tentunya dia akan belajar tentang islam secara kaffah. Untuk mempelajari islam ada itulah ada skill khusus yang harus dimiliki oleh setiap kaum muslim, skill tersebut adalah bahasa arab. Karena dengan bahasa arab kita dapat engan mudah memahami Al Quran, Hadist, atau kitab-kitab lain yang menggunakan bahasa arab. Bahasa arab juga menjadi bahasa internasional selain bahasa inggris.

Untuk menguatkan tsqofah tentang bahasa arab maka Forum Silatuhrahim Remaja Masjid Yogyakarta (FSRMY) memiliki kelas khusus untuk mempelajari bahasa arab, yang dilaksanakan setiap hari ahad, sore mulai pukul 16.00 – 17.30 WIB di Masjid Darussalam. Masjid ini selalu menjadi tempat rapat rutin ketika FSRMY dipimpin oleh Luqman Tifa Perwira .Inilah perbedaan di kepengurusan yang baru, selain yang sebelumnya saya tulis baca “Yang lain dari FSRMY Dulu & Sekarang”. Dikepengurusan yang baru inilah FSRMY meguatkan tsaqofah keislamannya dengan belajar bahasa arab. Adapun peraturan kelas yang harus ditaati oleh peserta, sebagai berikut : 

1.       Masuk pukul 16.00 WIB
2.       Terlambat denda Rp. 3000,00
3.       Putra : push up 10 kali
4.       Putri : berdiri 5 menit
5.       Bolos 3 kali Drop Out
6.       Menghafal 5 kosa kata / pertemuan
7.       Infaq Rp. 1000,00 / pertemuan

Saat di konfirmasi melalui sms, Sherly Oktaviani, sebagai koordinator peserta bahasa arab, mengatakan bahwa tujuan dari adanya kuliah bahasa arab ini adalah agar lebih mudah memahami Al quran, serta memperlancar komunikasi ketika berada di negara-negara Arab.

Tidak ada manusia yang sempurna, mungkin begituah bunyi pepatahnya, tetapi Allah SWT berfirman, dalam surat At Tin ayat (5) yang artinya “Allah telah menciptakan bentuk manusia dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Artinya setinggi apapun ilmu kita ternyata tidak ada apa-apanya dengan yang kita pelajari selama ini. Apa yang kita yang kita pelajari hanyalah bagian kecil dalam kehidupan ini. Allah juga memberikan potensi yang besar kepada manusia, salah satunya adalah akal kita, dimana dengan akal tersebut kita dapat memahami ayat-ayatnya dengan belajar bahasa arab. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi mereka yang belajar, serta melancarkan rezekinya, karena dalam setiap pertemuan peserta memberikan infaqnya.

Inilah wajah-wajah serius mereka

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

  ©jadilah pribadi yang menawan - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo